PostHeaderIcon KEUTAMAAN BERSUJUD

Ada sebuah kisah tentang seorang yang berkewarganegaraan Jerman. Pada suatu hari ia menyaksikan seorang muslim yang sedang menunaikan sholat. Ia tertegun dan terpesona melihat gerakan – gerakan yang dilakukan oleh orang muslim itu yang bagi dirinya terasa sangat aneh. Dia memperhatikan dan mengamati dengan seksama, rasa penasaran dan keingintahuannya membuncah dalam dadanya. Fitrah kemanusiaannya mengetuk dinding hatinya ketika ia menyaksikan si muslim itu bersujud menempelkan dahinya begitu lama di lantai.
Setelah muslim itu selesai dari sholatnya, dia menghampirinya dan bertanya tentang makna dan faedah dari gerakan – gerakan yang dilakukan seorang muslim itu, terutama gerakan sujud. Sang muslim menjelaskan makna sholat, hikmah dan manfaatnya dengan jelas. Dia mendengarkan dengan serius dan seksama. Mengalirlah rasa ta’jub dalam dirinya. Ketenangan yang selama ini hilang dari jiwanya kembali mengalir dalam dirinya karena dia telah mendapatkan sesuatu yang selama ini dia cari.
Orang Jerman itu kemudian menceritakan bahwa selama ini dia merasa sakit jiwanya dan selalu sempit hatinya, kemudian setiap kali dia menempelkan dahinya di lantai, dia merasakan ketenangan, begitu pula setiap kali dia mengalami kesempitan dan kebingungan jiwa dia segera menempelkan dahinya ke lantai untuk mendapatkan ketenangan, namun ketika ia melihat seorang muslim yang sedang melaksanakan sholat, ia mengetahui rahasia ketenangan dan kenyamanan yang ia rasakan. Kemudian orang muslim itu mengajaknya ke sebuah Islamic Center. Di sana ia banyak mendapat penjelasan dan pengetahuan tentang islam. Setelah kunjungan itu tetesan hidayah Allah mengalir dalam dirinya sehingga ia memutuskan untuk masuk islam dan mengikrarkan shahadatain. Subhanallah !!!!!!!!. gerakan sujud telah menjadi sebab turunnya hidayah Allah kepada seseorang sehingga ia menjadi muslim.

Pengertian Sujud
Menurut Imam Thobari, sujud adalah menunduk, menyondongkan kepada siapa yang dituju, maka setiap menunduk kepada sesuatu berarti mengagungkannya. Sebagaimana telah disebutkan dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 58 yang artinya “Dan masukilah gerbangnya sambil bersujud (menundukkan diri)”
1. Sujud adalah asal ibadah
Ketika burung hud – hud dimarahi oleh raja Sulaiman dia berhujjah bahwa dia telah melihat kaum yang bersujud kepada selain Allah, karena sesungguhnya bersujud adalah ketundukan, kerendahan, kekhidmatan. Dan ini merupakan kejelasan dari makna ibadah.
2. Sujud merupakan saat paling dekat dengan Allah SWT.
Rasulullah SAW bersabda : “Seorang hamba paling dekat dengan rabbnya ketika ia bersujud, maka perbanyaklah berdo’a”. (HR. Muslim)
Imam Nawawi berkata : sujud berarti seorang hamba lebih dekat dari rahmat dan keutamaan rabbnya, dalam bersujud dianjurkan untuk banyak berdo’a.
3. Sujud adalah lebih baik daripada dunia dan seisinya
Diriwayatkan oleh Bukhori dari Abu Hurairah RA berkata : “Sungguh tidak diragukan akan turun kepada kalian anak maryam sebagai pendamai, pembawa keadilan, yang akan menghancurkan salib, membunuh babi, dan menghentikan peperangan dan akan berlimpah harta sampai tidak ada yang menerima lagi, sehingga bersujud sekali saja lebih baik dari dunia dan isinya.”

Manfaat dari sujud
1. Meninggikan derajad, menghapuskan kesalahan
Diriwayatkan oleh Muslim : “Hendaklah kalian memperbanyak sujud kepada Allah, sesungguhnya kamu tidaklah bersujud kepada Allah kecuali Allah meninggikan derajadmu dan menghapuskan kesalahanmu dengan sujud itu.”
2. Terdapat tanda pada wajah orang yang bersujud
Allah SWT berfirman : “Tanda – tanda mereka tampak pada wajah mereka dari bekas sujud.” (QS. Al-Fath:29).
Tanda di wajah mengandung banyak arti diantaranya : Menurut Ibnu Abbas RA : jalan yang baik. Menurut Mujahid : khusu’ dan tawadhu’. Menurut Assa’diy : sholat memperbagus wajahnya. Menurut yang lain : sesungguhnya tanda sujud adalah kebaikan cahaya di hati, cahaya di wajah, kelapangan rizki, dan dicintai oleh manusia. Maka dari itu tanda sujud bukan berarti tanda hitam di kening sehingga banyak orang yang berusaha membuat tanda di dahi mereka agar disebut sholeh.
3. Menghilangkan kegundahan
Kesulitan melakukan da’wah tidaklah seperti kesulitan yang berkenaan dengan dunia, seperti makan, pakaian, tempat tinggal, dll. Tetapi kesulitan melakukan da’wah karena muncul dari penentangan manusia akan kebenaran, atau kesalahan yang dilakukan sebagian penyeru – penyeru sehingga mendapatkan musibah, atau tidak terwujudnya tujuan da’wah seperti yang dialami Nabi Muhammad SAW, maka segeralah ia sholat. Allah berfirman : “Dan kami sungguh – sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu diantara orang – orang yang bersujud (sholat).
4. Menimbulkan kesabaran
“Dan sebutlah nama Tuhanmu pada waktu pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepadaNya dan bertasbihlah kepadaNya pada bagian yang panjang di malam hari.”
Dzikir dan sujud adalah alat komunikasi terbaik dengan Dzat yang menurunkan Al Qur’an kepada kita. Setiap kali seorang Da’i menambah bekalnya dengan sujud dan dzikir maka akan bertambah pula kesabarannya.
5. Menambah kekhusyu’an
Cara yang paling baik untuk meningkatkan kekhusyu’an adalah dengan memperbanyak sujud kepada Allah SWT. Karena saat itulah seorang hamba sangat dekat dengan sumber ketenangan dan kekhusyu’an yaitu Allah SWT.
6. Wajahnya bercahaya
Pada hari kiamat Allah akan bangkitkan semua umat mulai dari awal hingga akhir, tetapi Rasulullah mengenali umatnya dari cahaya putih di wajah mereka karena bekas sujud dan atsar dari air wudhu mereka di dunia.
7. Membuat setan menangis
Rasulullah SAW bersabda : “Jika dibacakan oleh anak adam ayat sajadah dan dia bersujud maka syaitan akan menghindar dan menangis sambil berkata celakalah.”
8. Diselamatkan dari api neraka
“Wajah – wajah (orang – orang mu’min) pada hari itu berseri – seri.”
Rasulullah SAW menceritakan kejadian di hari kiamat ketika Allah ingin mengeluarkan hambaNya yang ia kehendaki dari api neraka, Allah memerintahkan malaikat untuk mengeluarkan siapa diantara mereka yang tidak menyekutukan Allah SWT, siapa yang bertauhid dan siapa yang ada bekas sujudnya. Sesungguhnya api neraka akan memakan anak adam kecuali bekas sujudnya.
9. Masuk surga
Diriwayatkan dari Muslim Rasulullah SAW bersabda : “Maka tolonglah aku atas dirimu dengan memperbanyak sujud.”
Hadist ini menjelaskan bahwa Rasulullah SAW tidak bisa menolong kita pada hari kiamat jika kita tidak pernah sujud. Maka ketundukan dan kepasrahan seseorang kepada Allah SWT yang tercermin dalam bentuk gerakan sujud (sholat) merupakan salah satu syarat utama masuknya seseorang kedalam surganya Allah.
Mudah – mudahan kita senantiasa mendapatkan hidayah dan taufiq dari Allah SWT sehingga kita mampu untuk terus istiqomah bersujud kepadaNya.

0 komentar:

Posting Komentar

Internet TV

Watch TV - Live online internet televisionAccess to 4000 live TV stations from your pc. No need of a TV tuner or decoder. 100% legal - no subscription needed.

Watch television channels online anywhere. All you need is our software, your pc, and Internet connection. Thousands of television shows that would cost you big money in the long run with traditional TV providers, now can watch them with no subscription. Watch 4000 TV Stations from Over 80 Countries!

Cartoons, Fashion, News, Discovery, Sport, Movies, Music, Football, Adult Shows, Weather, Stocks, Educational, and many others channels are available.

You can watch TV to your PC or laptop at any time and anywhere in the world since our service is not affected by regional terrain or weather.

This webtv software does not contain any spyware or advertise modules. It has safety installation with NO WORRIES concerning valuable information loss.

WATCH TV NOW. LIMITED TIME OFFER.

Berita Hari Ini