PostHeaderIcon Kunci Keberhasilan Kerjasama Team

Tidak dapat di pungkiri, ada beberapa orang lebih menikmati kerja tanpa orang lain. Kadang menyelesaikan pekerjaan sendiri bisa lebih bisa memenuhi kriteria seperti yang di harapkan. Akan tetapi tidak selamanya kita akan bekerja sendirian, kadang kala kita membutuhkan orang lain dalam melakukan suatu pekerjaan. Sehingga suatu saat kita pasti akan di hadapkan dalam satu kenyataan yang mengharuskan bekerja dalam satu team. Disini kita dituntut untuk bekerja sama dengan team untuk mencapai satu keberhasilan. Dan mencapai keberhasilan bekerja bersama team adalah adanya sebuah kekompakan dalam bekerja. Ada beberapa kunci yang perlu di pegang untuk memperoleh keberhasilan dalam bekerjasama team yang diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Menyamakan pandangan
Visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai harus disamakan antar anggota kelompok. Jangan sampai perbedaan pendapat di biarkan saja dan berlarut-larut. Usahakan untuk terus melakukan brainstorming agar kesepakatan bersama dapat tercapai.
2. Pembagian tugas
Pembagian tugas harus jelas agar masing-masing anggota tahu kewajibannnya. Sehingga tidak ada salah satu anggota yang merasa lebih banyak pekerjaannya daripada yang lainnya. Dengan adanya pembagian kerja ini pekerjaan bisa menjadi lebih ringan dan cepat terselesaikan, sehingga menumbuhkan rasa tanggung jawab dan komitmen dalam diri masing-masing sehingga tidak ada yang mangkir.
3. Toleransi
Ingatlah bahwa dimanapun kita berada, tidak akan pernah menemukan orang yang akan terus sejalan, sependapat, dan berfikiran sama dengan kita. Jangan berfikir terlalu egois atau selalu ingin mendominasi teman dalam satu team, karena dapat memperburuk kinerja didalam satu team.
Dengan bertoleransi, hubungan antar rekan dalam team dapat lebih akrab, kekeluargaan dan kompak yang berimbas kepada kualitas hasil pekerjaan.
4. Hindari Konflik
Dalam hubungan antar sesama manusia, terjadi konflik adalah suatu hal yang wajar. Tapi bagaimana sikap kita untuk mengolah suatu konflik tersebut itulah yang harus menjadi pertimbangan. Apabila terjadi konflik sesame teman dalam satu team sebaiknya segera di selesaikan dengan baik-baik dan berfikir yang positif. Karena bila kita biarkan dapat menimbulkan efek yang negatife yang mempengaruhi hasil kerja bersam team. Bersikaplah selalu terbuka dan bicarakan masalah tersebut kepada rekan yang bersangkutan. Bersikap professional dengan tidak menggosip di belakangnya, karena hal ini tidak akan menyelesaikan masalah, justru malah akan semakin menambah keruh permasalahan yang ada. Sebaiknya kita pisahkan hubungan pertemanan dengan hubungan pekerjaan. Bila kita merasa tidak suka dengan cara kerjany bukan berarti tidak berteman dengannya lagi bukan..??
5. Kepemimpinan
Di dalam sebuah team tetap di butuhkan seorang pemimpin yang mampu menjadi motivator dan membangun suasana kerja yang kondusif. Pilihlah seorang pemimpin yang bijaksana dan dapat berfikir jernih serta bertanggung jawab.
Semoga kelima kunci keberhasilan dalam bekerja bersama tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan kinerja dan pekerjaan kita selalu sukses selalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Internet TV

Watch TV - Live online internet televisionAccess to 4000 live TV stations from your pc. No need of a TV tuner or decoder. 100% legal - no subscription needed.

Watch television channels online anywhere. All you need is our software, your pc, and Internet connection. Thousands of television shows that would cost you big money in the long run with traditional TV providers, now can watch them with no subscription. Watch 4000 TV Stations from Over 80 Countries!

Cartoons, Fashion, News, Discovery, Sport, Movies, Music, Football, Adult Shows, Weather, Stocks, Educational, and many others channels are available.

You can watch TV to your PC or laptop at any time and anywhere in the world since our service is not affected by regional terrain or weather.

This webtv software does not contain any spyware or advertise modules. It has safety installation with NO WORRIES concerning valuable information loss.

WATCH TV NOW. LIMITED TIME OFFER.

Berita Hari Ini